Rabu, 20 Juni 2012

Pembiayaan Take Over Bank Syariah


MANAJEMEN PERBANKAN ISLAM

PEMBIAYAAN TAKE OVER BANK SYARIAH

Dosen Pengampu

Dicki Hartanto, MM.



disusun oleh

Litia Yunita
10916006020




PRODI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU
PEKANBARU
2012






 
KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah Mata Kuliah “Manajemen Perbankan Islam” dengan judul “Pembiayaan Take Over Bank Syariah” yang diberikan oleh Dosen pengampu Bapak “Dicki Hartanto, MM.”

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan atau masih jauh dari kesempurnaan, maka dari itu penulis mengharapkan kritikan dan saran dari semua pihak yang membaca makalah ini demi perbaikan dan kesempurnaannya untuk masa yang akan datang. Semoga Allah memberikan petunjuk kepada penulis.

Demikian yang dapat penulis buat. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca terutama bagi penulis sendiri. Serta menambah wawasan kita untuk dapat mengetahui apa itu Pembiayaan Take Over Bank Syariah. Akhirnya penulis ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


                                                                                              Pekanbaru, Juni 2012


                                                                                                          Penulis











DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                                 : .......................................................................... i
DAFTAR ISI                                                 : ......................................................................... ii
BAB I : PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang                              : ......................................................................... 1

BAB II : PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Take Over                   : ......................................................................... 2
            2.2 Pembiayaan Hunian Syariah         : ......................................................................... 3

BAB III: PENUTUP
            3.1 Kesimpulan           : ................................................................................................. 5
3.2 Saran                     : ................................................................................................. 5







 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang
Dengan melakukan take-over/pemindahan kredit dari bank konvensional ke bank syariah, maka nasabah akan terhindar dari risiko fluktuasi bunga dan risiko ketidakpastian. Hal tersebut dikarenakan di bank syariah, harga jual sudah ditentukan/disepakati di awal masa pembiayaan, tidak berubah sampai dengan selesainya masa pembiayaan dengan angsuran yang fixed/tetap setiap bulannya.
Namun demikian, menurut penulis, sebaiknya nasabah tetap memindahkan fasilitas kreditnya di bank syariah (tentunya apabila nasabah telah memiliki dana untuk membayar pinalty dan biaya-biaya pengajuan pembiayaan baru di bank syariah) apalagi jika sisa masa kredit masih cukup lama, misalnya lebih dari 5 tahun. Hal tersebut dikarenakan menurut penulis risiko adanya ketidakpastian dan risiko fluktuasi bunga di bank konvensional jauh lebih mahal harganya dan bahkan tidak dapat dinilai dengan uang. Sedangkan apabila dipindahkan ke bank syariah meskipun di awal perlu membayar biaya-biaya pengajuan pembiayaan baru lagi, namun ke depannya lebih ringan dan lebih pasti dan yang lebih penting insya Allah lebih berkah.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Take Over
Pembiayaan berdasarkan take over adalah salah satu bentuk pelayanan bank syariah dalam membantu masyarakat rnengalihkan transaksi nonsyariah yang telah berjalan menjadi transaksi yang sesuai dengan syariah berdasarkan permintaan nasabah. Dalam hal ini, bank syariah mengambil alih hutang nasabah di bank konvensional dengan cara memberikan jasa hiwalah atau menggunakan qard yang disesuaikan dengan ada tidaknya unsur bunga dalam hutang nasabah kepada bank konvensional.
Dalam pembiayaan berdasarkan take over ini, bank syariah mengklasifikasikan hutang kepada bank konvensional menjadi dua macarn, yaitu hutang pokok plus bunga dan hutang pokok saja. Dalam menangani hutang nasabah berbentuk hutang pokok plus bunga, bank syariah memberikan jasa qard (pinjaman uang). Sebab, alokasi pengguanaan qard tidak terbatas, termasuk untuk menalangi hutang yang berbasis bunga. Sedangkan yang berbentuk hutang pokok saja, bank syariah memberikan jasa hiwalah (alih hutang piutang). Sebab, hiwalah tidak bisa untuk menalangi hutang yang berbasis bunga. Dengan demikian dalam memberikan pembiayaan, bank syariah dapat mengklasifikasikan pembiayaan yang diajukan nasabah ke dalam dua kategori, yakni pembiayaan take over atau nontake over.
Baik pembiayaan take over atau nontake over, faktor selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh bank syariah adalah apakah pembiayaan tersebut berbentuk sindikasi atau nonsindikasi. Jika pembiayaan berupa nontake over berupa sindikasi, maka yang perlu diperhatikan adalah apakah sindikasinya merupakan korporasi (perusahaan) atau bukan. Jika ya, maka alur modal awal yang diberikan masing-masing bank dilebur manjadi satu kesatuan, sehingga keuntungan dan kerugian menjadi hak dan tanggung jawab bersama sesuai dengan proporsi modal masing-masing. Namun jika bukan korporasi, maka bank tidak mendapat fasilitas pembiayaan.
Kemudian, yang harus diperhatikan oleh bank syariah adalah mengklasifikasi apakah pembiayaan tersebut termasuk modal kerja, investasi, atau konsumtif. Sedangkan jika pembiayan take over dalam bentuk sindikasi, maka yang harus diperhatikan oleh bank syariah adalah apakah hutang nasabah hanya terdiri dari hutang pokok atau hutang pokok plus bunga. Jika hanya hutang pokok saja maka bank sebaiknya memberikan jasa hiwalah. Namun jika hutang pokok plus bunga maka bank syariah memberikan qard kepada nasabah, sehingga nasabah dapat melunasi hutangnya di bank konvensional dan aset tersebut menjadi hak milik nasabah secara penuh.

2.2 Pembiayaan Hunian Syariah
Pembiayaan Hunian Syariah adalah produk pembiayaan yang akan membantu Anda untuk memiliki rumah (ready stock/bekas), apartemen, ruko, kios maupun pengalihan take-over KPR dari bank lain.
Peruntukkan :
Perorangan (WNI) cakap hukum yang berusia minimal 21 tahun atau maksimal 55 tahun untuk karyawan dan 60 tahun untuk wiraswasta atau profesional pada saat jatuh tempo pembiayaan.
Fitur Unggulan :
1.      Pembiayaan hingga jangka waktu 15 tahun.
2.      Uang muka ringan minimal 10%*.
3.      Adanya pilihan angsuran tetap hingga lunas atau kesempatan angsuran yang lebih ringan.
4.      Plafond hingga Rp 25 miliar.
5.      Pelunasan sebelum jatuh tempo tidak dikenakan denda
6.      Dapat digunakan untuk: pembelian rumah/ruko/kios/apartemen baru maupun bekas, take over kpr/pembiayaan sejenis dari bank lain.
7.      Nilai pembiayaan yang tinggi hingga 90% dari nilai rumah*
*dari harga perolehan yang diakui Bank.


            Fitur Umum :
1.      Berdasarkan prinsip syariah dengan dua pilihan yaitu akad murabahah (jual-beli) atau musyarakah mutanaqishah (kerjasama sewa).
2.      Dapat diajukan oleh pasangan suami istri dengan sumber penghasilan untuk angsuran diakui secara bersama (joint income).
3.      Dapat diajukan dengan sumber pendapatan gabungan dari gaji karyawan dan penghasilan sebagai wiraswasta dan/atau profesional.
4.      Untuk akad murabahah dimungkinkan uang muka 0% dengan syarat calon nasabah bersedia menyerahkan agunan tambahan yang diterima oleh Bank.
5.      Dilindungi oleh asuransi jiwa sehingga pembiayaan akan dilunasi oleh perusahaan asuransi apabila Anda meninggal dunia.
Fasilitas angsuran secara autodebet dari Tabungan Muamalat.
Persyaratan Calon Nasabah :
Perorangan (WNI) dengan semua jenis pekerjaan yaitu: karyawan tetap, karyawan kontrak, wiraswasta, guru, dokter dan profesional lainnya.
Persyaratan Administratif untuk Pengajuan :
1.      Formulir permohonan pembiayaan untuk individu.
2.      Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga.
3.      Fotocopy NPWP untuk plafond pembiayaan di atas Rp 100 juta.
4.      Fotocopy Surat Nikah (bila sudah menikah.
5.      Asli slip gaji & surat keterangan kerja (untuk pegawai/karyawan).
6.      Fotocopy mutasi rekening buku tabungan/statement giro 3 bulan terakhir.
7.      Fotocopy rekening telepon dan listrik 3 bulan terakhir.
8.      Laporan keuangan atau laporan usaha (untuk wiraswasta dan profesional).
9.      Fotocopy dokumen bangunan yang akan dibeli: SHM/SHGB, IMB dan denah bangunan.



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Pembiayaan berdasarkan take over adalah salah satu bentuk pelayanan bank syariah dalam membantu masyarakat rnengalihkan transaksi nonsyariah yang telah berjalan menjadi transaksi yang sesuai dengan syariah berdasarkan permintaan nasabah. Dalam hal ini, bank syariah mengambil alih hutang nasabah di bank konvensional dengan cara memberikan jasa hiwalah atau menggunakan qard yang disesuaikan dengan ada tidaknya unsur bunga dalam hutang nasabah kepada bank konvensional.
Dengan melakukan take-over/pemindahan kredit dari bank konvensional ke bank syariah, maka nasabah akan terhindar dari risiko fluktuasi bunga dan risiko ketidakpastian. Hal tersebut dikarenakan di bank syariah, harga jual sudah ditentukan/disepakati di awal masa pembiayaan, tidak berubah sampai dengan selesainya masa pembiayaan dengan angsuran yang fixed/tetap setiap bulannya.

3.2 Saran
Kalau seandainya ada terdapat kesalahan-kesalahan dalam pembuatan makalah ini sudilah kiranya pembaca mengkritik atau memberikan saran kepada penulis. Agar makalah ini lebih baik lagi kedepannya.                                                                               

5 komentar:

  1. Assalamualaikum


    Calls Only::::{+16264653418}
    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus

  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Wr. Wb.

    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::::{aditya.aulia139@gmail.com}
    {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  4. Halo semua, saya Liza Teddy dari Indonesia silahkan saya saran Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman di setiap perusahaan pinjaman atau kreditur di situs ini, tidak mengisi setiap perusahaan pinjaman di situs ini semua orang di sini adalah palsu, Penipu dan curang, bahkan beberapa kesaksian di sini semua palsu, mereka adalah orang-orang yang sama melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu, saya telah ditipu 5 kali dari sekitar Rp82 juta untuk semacam biaya transfer, Pajak, Asuransi dan semua, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, sebaliknya mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi. Tapi Allah begitu bersyukur bahwa saya kemudian mendapat pinjaman dari Perusahaan yang teman saya bekerja di Arab Saudi, (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN Firma), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang memiliki telah scammed, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman lebih baik pergi ke perusahaan di Arab Saudi atau jika Anda memiliki teman kemudian memberitahu mereka untuk membantu Anda dalam menghubungi mereka untuk pinjaman oke, yang sangat sederhana untuk mendapatkan dan hanya 1% tanpa agunan . Ini adalah email mereka (aasimahaadilaahmed.loanfirm@ gmail.com) Anda dapat menghubungi mereka baik-baik saja hanya dengan Aplikasi Anda dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda kurang dari 1 jam, cepat dan Genuine saya melakukan semua ini untuk membantu negara saya dari penipuan, saya email adalah teddyliza2020@gmail.com hubungi saya untuk info lebih lanjut, saya bersedia untuk membantu
    Tuhan memberkati kalian semua

    BalasHapus
  5. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus